SMK Perguruan Rakyat Jakarta Kembali Kunjungi Kampoeng Dolanan

Sudarmanto 12 April 2017 12:23:31 WIB

       SMK Perguruan Rakyat Jakarta  adakan kunjunagan wisata di Kampoeng Dolanan Dusun Karanggeneng Desa Jamuskauman Kecamatan Ngluwar pada hari Senin pagi tanggal 10 April 2017 jam 08.30 WIB s/d Selasa pagi tanggal 11 April 2017 jam 08.00 WIB.

      Kunjungan tersbut terdiri atas 142 siswa siswi dan 15 tenaga pengajar, kunjungan kali ini merupakan kunjungan yang yang kedua kalinya setelah kumjungan yang pertama dilaksanakan pada tanggal 04 Maret 2016. Walaupun wahana atau suguhan di Kampoeng Dolanan cukup sederhana namun bisa menarik pengunjung, membuat mereka terkesan dan merasa puas, buktinya SMA Perguruan Rakyat Jakarta mengualngi kunjungannya lagi. Menurut Bp. Agus salah satu guru yang ikut dalam kunjungan tersebut mengatakan bahwa tahun depan akan merencanakan akan datang lagi yang ke tiga kalinya dengan satu permintaan yaitu ada sesuatu yang beda dari beberapa  sajian yang sudah ada, pak Agus menggambarkan ilmu terapan yang dengan mudah diterima oleh anak didik contohnya anak disuruh membikin getuk dari bahan ketela yang bahan bakunya murah dan mudah didapat dan nanti hasilya anak menjualnya sendiri. Dengan begitu anak merasakan terlibat langsung dan mendapat lmu baru yang nantinya dapat diterapkan setelah kembali sampai di rumah. Dari permintaan P Agus tersebut ditanggapi baik oleh pihak pengurus atau penggagas dari Kampoeng Dolanan Bpk.Supriyadi akan menyanggupi hal tersebut sepanjang mampu dilakukan oleh pengurus Kampoeng Dolanan. Bahkan akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat para pengunjung merasa puas dan terkesan.

       Serangkaian kegiatan yang diikuti oleh anak anak tersebut dari pagi hingga malam hari adalah : dari pagi sejak kedatangannya pukul 08.30 WIB sbb :

  1. Penyambutan,istirahat sejenak dan pembagian kamar singah msing masing anak.
  2. Bermain Game ( Bas basan. Gobak sodor, dll )
  3. Ke sawah berlatih menanam padi secaa benar
  4. Adu kelincahan menangkap ikan lele dalam lumpur
  5. Istirahat, sholat dhuhur, makan siang
  6. Berlatih seni Irodat Kobro Siswo
  7. Bermain permainan jaman dulu (Egrang, krawitan, cublak cublak suweng, dll)
  8. Istirahat, sholat Asar
  9. Habis Sholat Magrib membaca Asmaul Husna, makan bersama secara berkelompok dilanjutkan pengajian singkat oleh Bpk. KH Bisri Mustofa
  10. Sampai pukul 20.00 s/d 22.00 WIB Pementasan Seni Kobro dan Krawitan di Pendopo Karang Pamitran.
  11. Pagi hari 09.00 WIB acara pelepasan.

      Dari rangkaian kegiatan tersebut tersyata membuat setiap pengunjung merasa terkesan dan mendapat ilmu baru al : 1. Mengenal masyarakat desa yang penuh dengan kesederhanaan, 2.Gotong royong yang masih terpelihara dengan baik, 3.Memehami jerih payah petani dari awal tanam hinggasampai menjadi beras, 4.Mengenal kembali permainan tempo dulu yang saat ini sudah tak di kenal lagi oleh anak anak sekarang, 5.Bidang kerokhanian semoga mampu membentuk karakter anak menjadi lebih baik.

      Demikianlah rangkaian kegiatan yang bisa diikuti oelh setiap pengunjung di kampoeng Dolanan Dusun Karanggneng Desa Jamuskauman semoga kedepannya tambah maju dan mendapat kunjungan lebih banyak lagi mebuat puas setiap yang datang.

Komentar atas SMK Perguruan Rakyat Jakarta Kembali Kunjungi Kampoeng Dolanan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi JamusKauman

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung