SIGAP MERAPI NGLUWAR TETAP EKSIS DALAM PENANGANAN BENCANA

Sudarmanto 09 Oktober 2017 12:43:49 WIB

Jiwa yang tangguh dan pengorbanan yang tinggi, itulah salah syarat yang dibutuhkan menjadi anggota relawan, tidak semua orang bisa menjadi anggota dari sebuah lembaga yang yang bergerak dibidang soial tersebut. Hanya orang orang yng punya semangat tinggi dan jiwa pengorbanan baik harta maupun waktu. Berbuat baik  untuk meringankan beban orang lain, itulah yang menjadi motto mereka.

                Sigap Merapi merupakan salah satu  lembaga yang bergerak dibidang sosial ( kebencanaan) yang ada di Kecamatan Ngluwar dengan jumlah anggota kurang lebih 130 orang, dari sejumlah anggota tersebut  tidak hanya dari Kecamatan Ngluwar saja namun juga bersal dari wilayah lain seperti Kecamatan Salam. Banyak kegiatan yang positif yang telah dilakukan oleh nggota Sigap Merapi untuk membantu orang lain antara lain :

  • .Ikut membantu ketertiban dan kelancaran dalam acara untuk Peringatan Proklamasi 17  Agustus 1945, ( acara jalan sehat tingkat kecamatan, pawai kirab budaya).
  • Membantu aparat Kepolisian menertibkan jalannya lalu lintas saat ada acara yang melibatkan orang banyak. Yang menimbulkan kemacetan lalu lintas.
  • Membantu meringankan beban penderitaan orang lain di lokasi kebencaan.
  • Menghimpun dana untuk membantu orang yang terkena bencana.
  • Membantu penyampain informasi di wilayah Kecamatan Ngluwar dan sekitarnya saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang membayakan lingkungan warga, untuk dilaporkan ke BPBD Kabupaten Magelang.
  • Membantu kelancaran lalu lintas saat ada kegiata kemasyarakatan atau perseorangan al; pengajian akbar, ataupun hajatan pernikahan warga.

Kegiatan kegiatan diatas tersebut untuk membantu aparat kepolisian dan penanganan kebencanaan sudah sering dilakukan oleh angota sigap Merapi. Bupati magelang lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang merespon baik terhadap kegiatan Sigap Merapi tersebut dengan memberikan bantuan hibah uang Rp. 41.000.000,- untuk dibelanjakan peralatan komunikasi, alat untuk pertolongan darurat al; RPU, Gergaji, alat penerangan, tambang plastik, jas hujan dll. Dengan ketersediaan alat tersebut walau belum cukup memadai namun setidaknya sudah dapat untuk memberikan pertolongan kepada orang lain bilaman terjadi bencana. Sampai saat ini di bawak komando Bpk. Wiyanto ( nama udara : Yengki ) Sigap Merapi masih tetap eksis dan siap siga bilamana dibutuhkan sewaktu waktu untuk membantu orang lain.

Semoga kegaiatan yang telah dilakukan oleh anggota sigap Merapi dengan dasar hati yang iklas , butuh pengorbanan baik harta maupun waktu dijadikan suatu amal baik bagi mereka, diberikan kekuatan sehingga dapat berjuang terus. Selamat berjuang Sigap Merapi !!!! Jaya da Sukses selalu................

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi JamusKauman

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung