Jelajah
IMG-LOGO

Lomba Kelompok Tani Tngkat Provinsi Jawa Tengah

Create By 19 April 2017 23 Views

Kelompok Tani `` Subur Waras `` dusun Gatak Pendem Desa Jamukauman telah kedatangan tim Penilai lomba kelembagaan Kelompok Tani dan Penyuluhan tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 pada hari Senin tanggal 17 April 2017. 10 Kelompok Tani dari 10 Kabupaten di Jawa Tengah dapat ikut lomba ini setelah  melalui seleksi  yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan di kabupaten masing masing.

                Dari 10 Kelompok Tani tersebut kemudian dikerucutkan lagi menjadi 6 Kelompok,  yang selanjutnya Tim penilai akan menentukan juara 1,2,3 dan juara harapan 1,2,dan 3. Setelah melaului penilaian dengan 4 orang Juri secara terpisah mengajukan banyak pertanyaan kepada pengurus Kelompok Tani yang dibagi 4 bagian. Usai mengadakan penilaian selanjutnya memberikan arahan dan bimbingan guna manambah wawasan dan mengoreksi kekurangannnya dan selanutnya  Tim penilai foto bersama dengan Bpk. Ibu dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Magelang, PPL, dan pengurus, anggota Kelompok Tani Subur.Waras.

KelomSubupok Tani r Waras Dusun Gatak Pendem dapat mewakili Kabupaten Magelang dalam lomba kelembagaan Kelmpok Tani dan penyuluhan dinilai karena memiliki  aspek aspek pnting al :

Tiga aspek penting dari sebuah Kelompok Tani adalah :

1. Kelompok Tani sebagai wahana usaha,

2. Kelompok Tani sebagai wahana pembelajaran,

3.Kelompok Tani sebagai wahana kerja sama

Tiga aspek di atas jika sudah dimiliki oleh sebuah Kelompok Tani maka Kelompok Tani akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Kelompok Tani Subur Waras sudah memiliki tiga aspek di atas,

- Wahana di bidang pertanian dan peternakan, pembuatan pupuk organik ( kompos ) .

- Wahana pemebelajaran : Adanya pertemuan rutin dapat dijadikan tempat belajar bersama, saling 

  tukar pengalaman dalam hal bertani ataupun usaha yang lain.

- Wahana kerja sama  : Dalam usahanya anggota KelompokTani sudah menjalin kemitraan dengan PT 

  Merabu dalam hal penanaman tembakau, dan menjalin kerja sama dalam hal pemasaran pupuk

  Organik.

                Demikian kegiatan penilaian lomba Kelembagaan Kelopok Tani dan Penyuluhan, semoga dapat menambah wawasan bagi anggota kelompok dan dapat meningkatkan usahanya, harapannya menjadi juara pertama kalaupun belum beruntung setidaknya bertambah pengalaman dari berbagai hal.

IMG
IMG
IMG